Coppast sertakan sumber :)

Senin, 01 April 2013

Gloomy Sunday dan Reverse-Karlmeyer: Lagu Misterius Perusak Psikologis

 


Kenapa Gloomy Sunday dan Reverse disebut lagu perusak jiwa? Konon Lagu tersebut banyak mempengaruhi kerusakan jiwa seseorang.


1. Gloomy Sunday

Lagu ini  disebut sebagai lagu bunuh diri (suicide song), karena pada kenyataannya memang banyak yang bunuh diri setelah mendengar lagu ini. Judul asli lagu ini adalah Szomorú Vasárnap atau dalam bahasa Indonesianya dapat diartikan sebagai Hari Minggu yang kelam. Syair lagu ini diambil dari puisi seorang pujangga Lazlo Javor yang diciptakan pada tahun 1933 dan digubah oleh Rezső Seress yang berkebangsaan Hungaria. Lagu ini bercerita mengenai seseorang yang bunuh diri karena ditinggal mati kekasihnya. Dan mengejutkannya lagi, setelah lagu ini dirilis, kekasih Lazlo mencabut nyawanya dengan surat yang berbunyi “gloomy sunday”. Tidak lama kemudian, muncul kasus bunuh diri yang tidak bisa dibilang sedikit. Tidak lama setelah kematian kekasih Lazlo, seorang pegawai negeri Hungaria menembak dirinya. Mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup diatas lirik Gloomy Sunday. Selain itu, terjadi percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang gadis. Ketika terpergok, mengalun lagu Gloomy sunday. Kondisi menjadi tidak terkendali, pemerintah Hungaria pun melarang pemutaran lagu ini di tempat-tempat umum. Lagu ini disalahkan karena kasus bunuh diri meningkat. namun, ketenaran lagu ini sudah mencapai negara-negara lain.  akhirnya, lagu ini sedikit diubah oleh pemerintah Amerika.
Aku sering denger lagu ini, tapi ga niat bunuh diri tuh. hehe. Liriknya memang menggambarkan keputus asaan seseorang. Awalnya lagu ini hanya terdiri dari 2 version: version1 dan version2. Tapi karena banyaknya kasus yang terjadi maka ditambahkan satu version: version 3.
liriknya:
Version1:
Sunday is gloomy,
My hours are slumberless
Dearest the shadows
I live with are numberless
Little white flowers
Will never awaken you
Not where the black coaches
Sorrow has taken you
Angels have no thoughts
Of ever returning you
Wouldn’t they be angry
If I thought of joining you?
Version2:
Gloomy sunday
Sunday is gloomy
With shadows I spend it all
My heart and I have decided
To end it all
Soon there’ll be candles and prayers
That are said I know
But let them not weep
Let them know
That I’m glad to go
Death is no dream
For in death I’m caressi’n you
With the last breath of my soul
I’ll be blessin’ you
Version 3:
Gloomy sunday
Dreaming
I was only dreaming
I wake and I find you asleep
In the deep of my heart here
Darling I hope
That my dream never haunted you
My heart is tellin’ you
How much I wanted you
Gloomy sunday
Kurang lebih dalam bahasa Indonesia artinya seperti ini (translate sendiri nih aku):
Version1:
Minggu yang kelam
Waktuku yang tidak pernah tidur
Bayangan tersayang
Aku hidup dengan menghitung jumlahnya
Bunga putih kecil
Takkan pernah membangunkanmu
Tidak pula di mana kereta hitam
Kesedihanmu
Malaikat tidak pernah berpikir
Untuk mengembalikanmu
Akankah mereka marah
Bila aku ikut bersamamu?
Version2:
Minggu kelam
Minggu yang kelam
dengan bayangan aku habiskan itu semua
Hatiku dan aku sudah memutuskan
untuk mengakhiri itu semua
Segera akan ada lilin-lilin dan pendoa
yang  tahu aku
Tapi biarkan mereka tidak menangis
Biarkan mereka tahu
Bahwa aku pergi dengan senang
Kematian bukanlah mimpi
dalam kematian aku membelai dirimu
dengan nafas terakhir dari jiwaku
Aku akan memberkatimu
Version 3:
Minggu kelam
Mimpi
Aku hanya bermimpi
Aku terbangun dan menemukanmu tertidur
Di dalam hatiku ini
Sayang, aku berharap
mimpiku takkan pernah menghantuimu
hatiku berkata padamu
betapa aku menginginkanmu
minggu kelam

2. Reverse-karlmayer

Sebenarnya ini bukan lagu sih. Cuma kayak instrumen. Tapi hati-hati bila mendengarkan ini. Kayaknya memang bener-bener bikin otak rusak. Aku saja hanya bisa mendengarkan selama 40 detik dan langsung pusing. Konon nih ya, reverse ini digunakan untuk mengintrograsi tahanan. Mungkin tujuannya untuk merusak psikologisnya kali ya? coba aja deh dengar.
http://mp3skull.com/mp3/reverse_karl_meyer.html

  Salam Jumpa dan Salam Hangat untuk semua... Tetap Semangat Indonesia!


PERHATIAN:
Hak Cipta Blog/Postingan dilindungi undang-undang nomor 19 tahun 2002 tentang hak cipta memberikan perlindungan otomatis para webmaster / bloger atas isi website, blog, dan lain sebagainya dari orang yang suka mempublikasikan ulang konten atau artikel milik orang lain tanpa izin. Barang siapa yang melakukan Pencopyan/Penyalinan tanpa izin akan dipidana Kurungan Penjara paling lama 1 (satu) tahun dan Denda minimal 500 (Lima Ratus) Juta Rupiah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar